Jumat, 07 Juni 2013

Tempat Wisata Purwakarta

Tempat Wisata di Purwakarta juga ternyata banyak sekali ragamnya,mulai dari tempat wisata bertema danau,tempat wisata bertema sejarah hingga Alam semuanya ada di Purwakarta.So pasti tempat wisata di Purwakarta juga menwarkan beragam keindahan alam yang bisa dinikmati oleh anda yang ingin mencoba untuk berwisata ke Purwakarta.

Jika dibandingkan dengan tempat Tempat Wisata Sukabumi atau Tempat Wisata Tasikmalaya, ada satu yang tidak dimiliki Purwakarta yaitu tempat wisata bertema pantai.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata Purwakarta atau objek wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi saat liburan anda tiba.

Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur terletak atau dikenal juga dikenal dengan sebutan Waduk Ir.H. Juanda, nama resmi Waduk Jatiluhur ini, yang merupakan bendungan pembangkit listrik tenaga air.

Masjid Agung
Masjid Agung berada di Jl. Alun-alun Barat, Kampung Kaum, di samping Gedung Negara, dibangun pada 1826, dipugar pada 1993 dan diresmikan pada 1995. GPS -6.5557837, 107.4413431.

Gedung Karesidenan
Gedung Karesidenan ini berlokasi di Jalan KK. Singawinata, di Kampung Upas, Desa Nagri Kidul, Kec Purwakarta, di sebelah selatan Situ Buleud, seusia Gedung Negara dan sekarang digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV.

Desa Wisata Bojong
Desa Wisata Bojong terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, 35 km dari Kota Purwakarta, pada ketinggian 650 mdpl yang dikelilingi perbukitan, Gunung Burangrang dan perkebunan.

Gunung Parang
wisata Gunung Parang ini terletak di Kec Tegalwaru, 28 km dari Kota Purwakarta, pada ketinggian 983 mdpl. Tower I tingginya 934 m, medan panjat 600 m. Tower II berbentuk parang, dan Tower III lebih landai. Pendakian melalui kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Tegalwaru.

Situ Buleud
Situ Buleud terdapat di tengah Kota Purwakarta,dimana tempat wisata ini berupa danau bulat seluas 4 ha, konon merupakan tempat pangguyangan badak sebelum dijadikan tempat peristirahatan pada masa kolonial.

Sumber Air Panas Ciracas
Sumber Air Panas Ciracas terletak di Desa Ciracas, Kec Kiara Pedes, 8 km dari Situ Wanayasa, di kaki bukit yang dikelilingi pepohonan dan sawah, dengan 12 titik sumber mata air panas.

Waduk Cirata
Waduk Cirata ini letaknya berada di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru Plered, berupa waduk seluas 62 km2 pada ketinggian 223 mdpl.

Situ Wanayasa
Objek wisata Situ Wanayasa ini terletak di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, 23 km dari Kota Purwakarta, berupa danau alam seluas 7 ha pada 600 mdpl.

Gua Jepang
Gua Jepang yang merupakan gua bersejarah ini terdapat di kawasan Gunung Burangrang, 28 Km dari Kota Purwakarta, pada ketinggian 700 mdpl, dikelilingi perkebunan teh, pinus dll, dibangun pekerja Romusha pada 1943.

Gedung Negara
tempat bersejarah Gedung Negara ini adalah peninggalan bangunan di Jalan Gandanegara No.25, Purwakarta, didirikan pada 1854, sekarang digunakan sebagai Kantor Bupati Purwakarta.


Keramik Plered
wisata Keramik Plered terdapat di Desa Anjun, 13 km dari Kota Purwakarta, sudah ada sejak 1904 dan menghasilkan keramik berkualitas ekspor berupa gerabah, terakota dan porselen.

Curug Cipurut
wisata air terjun yang dijuluki dengan sebutan Curug Cipurut terdapat di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, ditempuh melalui jalur Purwakarta – Wanayasa sekitar 25 km, dilanjutkan ke arah Kec Bojong, berbelok ke arah desa Sumurugul, dilanjutkan dengan berjalan kaki 30 menit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar