Study with Me if not now when?

Jumat, 01 Maret 2013

Tempat Wisata Di Agam

Tempat wisata di Agam Sumatera Barat memang cukup banyak dan tentunya mengasyikan.Mau tahu tempat wisata apa saja yang populer di Kabupaten Agam Sumatera selatan?.Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata Agam yang sering dikunjungi wisatawan khususnya ketika liburan tiba.

Pantai Bandar Mutiara


Pantai Bandar Mutiara terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, yang berjarak kira-kira 100 km dari kota Padang atau 20 km dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Pantai yang sangat luas, landai dan berpasir putih ini bisa dicapai dalam waktu 2 jam dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan menggunakan transportasi darat. Selain menyaksikan pemandangan alam yang mepesona, ditempat ini anda juga bisa berenang, memancing, menyelam kemping atau menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang mengesankan. Pantai Bandar Mutiara merupakan tujuan wisata pantai untuk menghilangkan rasa penat yang sedang dihadapi. Disini Anda akan merasakan kenyamanan suasana dan keindahan alam sekitar pantai.

Danau Maninjau


Danau Maninjau merupaka sebuah danau yang terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat. Danau Maninjau berada sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang dan terletak 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel dan penginapan dan restoran.


Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka 


Museum ini merupakan museum yang terletak di sekitar tepian Danau Maninjau, tepatnya di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Museum ini mulai dibangun pada tahun 2000 dan diresmikan pada tahun 2001 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Zainal Bakar. Sesuai dengan namanya, museum ini mengkhususkan diri pada koleksi benda-benda peninggalan Buya Hamka, yang bangunannya merupakan rumah yang ditempati Hamka sejak lahir hingga sebelum pindah ke Padang Panjang. Museum ini mulai dibuka pukul 8.00 hingga pukul 15.00 waktu setempat. Akan tetapi biasanya akan tetap dibuka untuk sementara waktu meski pengunjung melewati batas waktu kunjungan.Dari sekian orang yang mengunjungi museum ini, kebanyakan mereka bukan orang Indonesia, melainkan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.


Puncak Lawang


Puncak Lawang adalah nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa meihat birunya Danau Maninjau. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Ini daerah puncak menuju Danau Maninjau. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Danau Maninjau secara utuh.Puncak Lawang berada di 1.210 mdpl. Di zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Puncak Lawang sering digunakan untuk kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara. Untuk mencapai kawasan Puncak Lawang, kita akan melewati perjalanan dengan 44 belokan yaitu Kelok 44.

Aia Tigo Raso 

Aia Tigo Raso merupakan sebuah tempat wisata yang paling unik yang ada dikawasan Danau Maninjau karena dalam satu kolam terdapat tiga rasa yaitu manis, asam, pahit. Karena keunikan dari air ini begitu banyak wisatawan yang datang mengunjungi objek ini karena air ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan yang lebih utama air ini dapat membuat orang awet muda. Lokasi objek wisata ini hanya beberapa meter dari pingiran jalan raya Lubuk Basung Maninjau atau tepatnya terletak ± 11 Km dari Kota Lubuk Basung ke arah Maninjau, dapat ditempuh dengan mudah baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. 

Air Terjun Badorai 


Air Terjun Badorai berada di kaki Gunung Merapi, diatas Sungai Pua.  Disini terdapat 4 air terjun dengan ketinggi bervariasi. Namun yang paling dikenal adalah air terjun Badorai 1, Badorai 2 dan Badorai 3.  Lokasi ke empat objek ini berdekatan satu sama lain. Air terjun Badorai 1 memiliki ketinggian ± 50 m, Badorai 2 memiliki ketinggian ± 50 m dan Badorai 3 memiliki ketinggian ± 20 m. Badorai 3 merupakan air terjun yang paling banyak dikunjungi.

Tempat wisata di kabupaten Agam Sumatera Barat Lainnya.
  • Air Terjun Tiga Tingkat
  • Ambun Pagi
  • Benteng Jepang Muko-Muko
  • Bunga Raflesia
  • Ekowisata Lasi
  • Kelok 44
  • Makam Tuanku Nan Rentjeh
  • Makam Tuanku Lareh Candung
  • Masjid Kuno Bingkudu
  • Monumen Pesawat Avro Anson RI-003
  • Ngalau Kamang
  • Ngalau Tarang
  • Pantai Tiku
  • Pantai Ujung Karang.
  • Pulau Ujuang dan Pulau Tapi
  • Rumah HR. Rasuna Said
  • Taman Wisata Muko-Muko
  • Telaga Anggrek.

Itulah beberapa tempat wisata di Agam.Jika ada tempata  wisata terbaru,jangan lupa memberitahu saya melalu komentar dibawah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar